W3.CSS
Hukrim

Netralitas ASN, Gubernur, Pj Wali Kota Hingga Appi-Rahman Diperiksa Bawaslu

MAKASSAR, METROTIMUR.COM – Bawaslu Makassar telah memeriksa sejumlah terlapor kasus pelanggaran Pilkada: Gubernur Sulsel, Pj Wali Kota Makassar, Paslon nomor urut 2 Munafri-Rahman Bando. Selain gubernur dan pj wali kota, sejumlah camat dan sekcam juga dilapor terkait dugaan pelanggaran netralitas ASN dan pengarahan pada paslon tertentu, kamis (26/11/2020).

Tim Hukum Idamanta, selaku kuasa hukum Paslon Ramdhan Pomanto-Fatmawati Rusdi, berharap unsur Penegak Hukum Terpadu (Gakkumdu) bersikap profesional dan bersepakat melanjutkan kasus tersebut ke tahap kedua, yang langsung ditangani penyidik kepolisian.

“Kami harap unsur Gakkumdu profesional dan menaikkan kasus tersebut ke tahap kedua, laporan dan bukti-bukti yang kami ajukan sesuai Pasal 69 juncto Pasal 187 ayat 3 tentang penggunaan fasilitas negara, serta Pasal 71 ayat 1 juncto Pasal 188 UU No 10 Tahun 2016 tentang Pilkada,” ujar Akhmad Rianto, jubir Tim Hukum Idamanta, Kamis (26/11/2020).

Sementara itu, Komisioner Bawaslu Makassar Hafid Pattahu mengatakan, pihaknya telah melakukan klarifikasi pada Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah, Pj Wali Kota Makassar Rudy Djamaluddin, paslon Appi-Rahman, serta Camat dan Sekcam Ujung Tanah, via aplikasi Zoom.

“Malam ini kita lakukan rapat pembahasan kelanjutan laporan yang kami terima, kesepakatannya nanti ditentukan unsur Gakkumdu, entah itu dilanjutkan atau tidak ke tahap berikutnya,” pungkas Hafid. (*/ri)

Baca juga :  KPK Soroti Tunggakan Pajak Kendaraan Bermotor di Sulsel
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

POPULER

To Top