banner-1

Politik

Sugali Tegur Keras Para Pengusaha Hotel dan Restoran Kota Makassar

Rapat pansus Ranperda Pajak 2017 DPRD Makassar

Makassar, metrotimur.com – Susuman Halim ( Sugali) tegur keras para pengusaha Hotel dan restoran Kota Makassar dalam rapat pansus Ranperda pajak tahun 2017 yang dilaksanakan di ruang Banggar DPRD Makassar, Jalan Andi. P. Pettarani Makassar.

Kekesalan Susuman Halim yang akrab disapa Sugali ketika salah satu pengusaha hotel mengakui, bahwa pihaknya telah mengakui bahwa merekalah yang telah membayar pajak selama ini. Sementara Sugali dari fraksi Demokrat membantah bahwa bukanlah para pengusaha yang sebenarnya yang membayar pajak tetapi pihak konsumenlah yang sesungguhnya yang membayar pajak.

“Bapak jangan seenaknya mengatakan kalau pihak kaliannlah (pengusaha) yang telah membayar pajak , yang membayar pajak itu adalah konsumen, para pengusahalah yang malas menyetorkan, ” tegas Sugali kepada para Pengusaha Hotel dan restoran dalam rapat pansus Ranperda Pajak 2017, kemarin ,selasa (3/10/17).

Perlu diketahui, kembali Sugali mempertegas kekesalannya kepada PHRI ( persatuan Hotel dan Restoran Indonesia), kalau ada tunggakan pembayaran pajak, kalianlah yang memang malas menyetorkannya, kenapa..? karena sebelum waktu penyetoran pajak, para konsumen itu sudah membayar awal kepada pihak pengelola.

“Jangan seenaknya dong, ngaku – ngaku bahwa anda (pengelola) yang bayar pajak, kalian pikir kami (Dewan) tidak mengerti dan tidak tahu mekanismenya, pajak itu dari konsumen, keuntungannya itu anda yang dapat, anda sebagai penyetor pajak, ” Kata Sugali.

Tak puas dengan pernyataan dari pihak PHRI, terkait pengakuan tersebut, bahwa pihak pengusaha yang telah membayar pajak, Sugali tetap dengan nada kesal meminta kepada salah satu anggota PHRI untuk meralat pernyataannya.

“Sekarang ralat pernyataan bapak, bahwa bukanlah kalian yang membayar pajak, tetapi konsumenlah yang telah membayar pajak, dan pihak anda harus dan wajib menyetor pajak itu, bukan dibikin malas, ” desak Sugali.

Baca juga :  DPC Torut Rekomendasikan Andi Cecep Lantara Jadi Sekretaris

Dalam rapat Pansus Pajak 2017 yang dipimpin oleh Rahman Pina, menghadirkan Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia Kota Makassar dan pihak Bapenda. (Ron).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top