W3.CSS
Hukrim

Akademisi Mengapresiasi Kinerja Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Budhi Haryanto

MAKASSAR, METROTIMUR.COM – Profesionalisme, komitmen dan ketegasaan Kapolrestabes Makassar dalam menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat umum di Kota Makassar telah memberikan dampak positif terhadap masyarakat. Sejak awal menjabat Kapolretabes Makassar, tingkat kriminalitas dan kejahatan pada beberapa titik di Kota Makassar terbilang sangat tinggi, seperti pembusuran, begal, perang antar kelompok serta berbagai tindak kriminal lainnya.

Langkah strategis yang ditempuh Kapolres Budi Haryanto adalah melakukan pendeteksian sejak dini terhadap para pelaku kriminal, menelusuri sumber pemicu terjadinya tindak criminal, serta memetakan titik rawan yang menjadi sumber terjadinya kriminalitas.

Kemampuan Kapolrestabes Makassar Budi Haryanto dalam mempolakan lokasi rawan kriminal merupakan solusi dalam memimanilisir tingkat kriminalitas di Kota Makassar. Salah satu yang dilakukan adalah bentuk perekrutan para eks preman atau pelaku kriminal dalam organisasi Batalyon 120. Organisasi ini merupakan wadah kemitraan FORKOPINDA dalam kiprahnya menampung dan merekrut sejumlah mantan preman dan pelaku kejahatan di Kota Makassar yang selanjutnya dilakukan pembinaan agar menjadi manusia yang jauh lebih baik.

Bentuk pembinaan tersebut dilakukan dengan memberikan ruang edukasi, pembinaan, serta membuka lapangan pekerjaan. Apa yang telah dilakukan Kapolres Budi membuahkan hasil dengan menurunnya tingkat kriminalitas di Kota Makassar, hal ini tentunya perlu mendapatkan apresiasi dari masyarakat.

Menanggapi penggerebekan di Markas Batalyon 120 sepenuhnya sudah sangat jelas melalui klarifikasi Kapolrestabes Makassar. Penemuan sejumlah busur dan senjata tajam merupakan barang-barang yang akan dikumpulkan oleh anak-anak Batalyon 120 yang selanjutnya diserahkan secara resmi kepada Kapolrestabes Makassar.

“Makanya kita kumpulkan dulu di markas barang-barang itu. Barang-barang itu nantinya akan diserahkan oleh anak-anak Batalyon 120 yang selanjutnya diberikan kepada Kapolrestabes Makassar secara resmi. Terkait pelepasan anak-anak batalyon 120 sudah sangat jelas klarifikasi yang dilakukan Kapolrestabes Makassar” melalui tribun timur live ngobrol virtual.

Baca juga :  Tidak Dilaporkan, Saksi Appi - Cicu Membenarkan Jawaban Panwas Kota Makassar

Pelepasan anak-anak Batalyon 120 selanjutnya akan dilakukan pembinaan, karena tak ditemukan tindakan criminal yang melanggar hukum. Lalu kemudian kita menonton dan membaca berita hari ini selasa 13 september 2022 dari beberapa video beredar dan media online, perihal pemusnahan barang serahan dan barang temuan senjata tajam di wilayah Hukum Polrestabes Makassar bertempat lapangan Apel Polrestabes Makassar berlangsung kegiatan pemusnahan barang serahan dan barang temuan senjata tajam di wilayah hukum Polrestabes Makassar di pimpin langsung oleh Bapak Budi Haryanto SIK,MH selaku Kapolrestabes Makassar, kemudian turut hadir Bapak Wali kota Makassar Danny Pomanto, ketua DPRD Kota Makassar Rudianto Lallo, Kajari Makassar Andi Sundari.SH.MH. para kapolsek jajaran Polrestabes Makassar dan dihadiri Iptu Faizal dan ada tanya jawab terkait kegaiatan ini.

Artinya kita sudah bisa menyimpulkan bahwa tidak ada lagi permasalahan dengan adanya penjelasan yang lengkap dari unsur Forkompinda kota Makassar dan Iptu Faizal sendiri telah mengklarifikasi di depan awak media.

 

Penulis :Ibnu hadjar yusuf Akademisi UIN Alauddin Makassar

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

POPULER

To Top