W3.CSS
Makassar

Efek PPKM Jelang Idul Adha, Mentan SYL: Daya Beli Masyarakat Makassar Masih Cukup Tinggi

MAKASSAR, METROTIMUR.COM – Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo melakukan peninjauan kesiapan Pemerintah Kota Makassar akan ketersediaan hewan kurban jelang idul adha.

Didampingi oleh Wali Kota Makassar, Danny Pomanto tepatnya di Rumah Potong Hewan Makassar Yang terletak di Kel. Tamangapa Kec. Manggala, Mentan SYL tak hanya ketersediaan hewan kurban, SYL juga meninjau fasilitas RPH Kota Makassar.

Foto: Kunjungan Mentan SYL di Rumah Potong Hewan (RPH) Kota Makassar, ahad (18/7/2021).

Mentan SYL menyampaikan dari data yang diperoleh, bahwa Kota Makassar adalah salah satu wilayah diluar jawa yang kemampuan warganya secara ekonomi memiliki daya beli yang cukup tinggi meskipun dalam situasi PPKM.

“Jika kita persentasekan Kota Makassar ini normal, meskipun ada penurunan daya beli tetapi tidak signifikan, angkanya pada 5 persen, beda dengan wilayah jawa, itu rata – rata daya beli warga menurun hingga mencapai 10 persen, ” ungkap SYL, Ahad (18/7/2021) usai meninjau RPH Kota Makassar.

Penurunan daya beli warga Makassar untuk hewan kurban juga diimbangi dengan naiknya harga hewan kurban sekitar 5 persen perekor.

“Jadi berimbang, daya beli turun 5 persen tapi pada sisi lainya harga ternaknya naik 5 persen, jadi kompilasinya normal, ” kata SYL.

Sementara itu, Wali Kota Makassar, Danny Pomanto juga menyampaikan, bahwa sampai saat ini ketersediaan hewan kurban kali ini jelang Idul adha mampu mengimbangi kebutuhan masyarakat Makassar. Meskpun dalam situasi pandemi dan Penerapan PPKM mikro diberlakukan di Kota Makassar tidak berdampak akan daya beli hewan kurban oleh masyarakat kota Makassar.

“Situasi Pandemi dan PPKM di Kota Makassar tidak mempengaruhi daya beli masyarakat, khususnua hewan kurban Artinya, dampak pembatasan mikro ini tidak mengakibatkan perputaran ekonomi masyarakat menjadi lumpuh, tentu dapat dilihat akan kebutuhan dan kemampuan masyarakat Makassar jelang idul Adha itu sangat tinggi, ” kata Danny Pomanto.

Baca juga :  Peduli Palestina, SMP 23 Makassar dan Melly Goeslaw Gelar Konser Amal

Seperti ketersediaan hewan kurban, kita estimasi akan mencapai 15 ribu, sementara untuk kelayakan potong yang telah melalui uji tes kesehatan sudah sampai diangka 6000 ribu ekor.Kemudian hasil penjualan juga setiap harinya naik.

“Minus 2 hari jelang idul adha ini daya beli masyarakat terus naik dan kita optimis ketersediaan hewan kurban akan ikut terpenuhi, ” terang Danny Pomanto. (ri).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

POPULER

To Top