W3.CSS
Makassar

HUT Ke 414 Kota Makassar Digaris Batas, Camat Manggala: Di HUT ke 414 Rekatkan Persaudaraan dan Bangkitkan Perekonomian

MAKASSAR, METROTIMUR.COM – Peradaban budaya di Tanah anging Mammiri kembali memeriahkan pada pesta HUT Kota Makassar ke 414 dengan menghidupkan suasana persaudaraan yang begitu kental dengan sajian kopi hitam dan kue tradisional Taripang di lorong – lorong, selasa (9/11/2021).

Ribuan lorong menjadi lokus perayaan HUT Kota Makassar ke 414 tersebar di 153 Kelurahan dari 15 Kecamatan Makassar. Wali kota Makassar, Ir. Moh. Ramdhan Pomanto dan Wakilnya Fatmawati Rusdi pada HUT kota Daeng Ke 414 mengangkat tema “Membangkitkan Ekonomi Kecil, “.

Tema yang diangkat oleh sang Arsitektur ini (DP) disambut meriah oleh warga Kota Makassar, pakaian adat Bugis Makassar menambah corak dalam HUT Kota Makassar ke 414.

Foto: Peringatan HUT Kota Makassar ke 414 di ORW 02 Kel.Bangkala Kec. Manggala, (9/11/2021).

Seperti di Kecamatan Manggala, 7 lorong dari 8 Kelurahan telah menjadi titik berkumpulnya warga, sajian Kopi hitam dan kue Taripang ikut mengantar para warga seakan kembali kepada dimana sejarah lahirnya kota Makassar tercipta sebagai daerah pesisir yang berbatasan langsung dengan ibu Kota Kerajaan yakni Kabupaten Gowa.

Kecamatan Manggala yang penduduknya saat ini mencapai 140 ribu jiwa hidup berdampingan langsung dengan 2 kabupaten di Sulsel ini, Manggala diapit oleh Kabupaten Maros dan Kabupaten Gowa. Dipesisir Selatan Kec. Manggala sejarah menitipkan fakta anak sungai Je’ne Berang melintas di batas geografis Kel. Bangkala yang merupakan wilayah Kec. Manggala itu sendiri dan berbatasan langsung dengan Kab. Gowa.

Sementara di pesisir Timur, Kec. Manggala, Jembatan Sungai Kajengjeng yang merupakan terusan Sungai Tallo melintas di geografis Kelurahan Manggala dan merupakan garis batas wilayah antara Kota Makassar dan Kab. Maros dan Kabupaten Gowa.

Baca juga :  Legislator Golkar Terima Aliansi BEM

HUT Kota Daeng ke 414 ini tidak hanya warga kota Makassar  yang merayakan warga dari 2 Kabupaten (Maros – Gowa) ikut meramaikan hari bersejarah di Tanah Anging Mammiri .

Kecamatan Manggala saat ini, Wali Kota Makassar dan Wakil Walikota Makassar memberikan amanah kepada jebolan STPDN salah satu putra terbaik dari Kabupaten Bone, Andi Fadli sebagai Camat Manggala dan didampingi oleh Andi Ansar yang juga jebolan STPDN sebagai Sekcam Manggala.

Bagi Andi Fadli pada HUT Kota Makassar ke 414 ini adalah momentum dalam merajut persaudaraan dan semakin merekatkan lagi. Tekhnologi boleh berkembang kata Andi Fadli, tapi sejarah dan peradaban tetap menjadi landasan utama dalam menyongsong Makassar jauh lebih baik lagi.

“Sejarah itu akan terus tercatatkan dalam lembaran sejarah. Sejarah itu bukan hanya sekedar dibaca dan diketahui, tapi sejarah dan peradaban itu terus dan terus menjadi landasan bekerja dan kehidupan kita, Siri’ na Pacce, Sipakatau Sipakalebbi itu adalah warisan leluhur kita yang wajib terus kita terapkan dalam kehidupan kita sehari – hari, baik itu antar warga maupun antara pemerintah sebagai pelayan dan warga yang dilayani, ” ungkap Andi Fadli.

Pandemi Covid 19 juga telah banyak menghantam kehidupan sosial kita, ekonomipun ikut terdampak. HUT Kota Makassar ke 414 ini dengan semangat yang dibangun oleh bapak Wali Kota dan Ibu Wakil Walikota Makassar dengan pesan yang penuh makna “Membangkitkan Ekonomi Kecil” merupakan support bagi kita semua, bahwa kita harus bangkit kembali dan kita mulai dari Lorong dengan membangun kesadaran, kekompkan dan persatuan.

“Kopi Hitam dan Kue Tradisional Taripang adalah simbol bagi kita bahwa kehidupan itu tidak akan selamanya pahit tapi kehidupan itu akan manis ketika kita mampu menyeimbangkan antara pengalaman dan cita – cita masa depan, jagaki persaudaraanta, kompakki dan selalu mengingtkan dan saling melengkapi, insya Allah kita akan kuat dan ekonomi kita akan bangkit kembali, ” tutup Andi Fadli.

Baca juga :  Wali Kota Danny Letakkan Baru Pertama, Dimulainya Pembangunan Shelter Masjid Al Muttaqin

Hadir pada acara HUT Ke 414 Kota Makassar di Kecamatan Manggala, Dinas Lingkung Hidup Kota Makassar, Kapolsek Manggala, Sekcam Manggala, Staf Kelurahan dan Kasi Kecamatan Manggala, Tokoh Masyarakat, RT/RW, Ormas, Ketua FK LPM Kec. Manggala, Ketua LPM Bangkala, Ketua Menara dan Sekretaris Menara Manggala.

Rangkaian acara HUT Ke 414 ini juga laksanakan secara online dalam rangka membuka dan mendengarkan sambutan Wali Kota dan Wakil Walikota Makassar, turut hadir para Lurah Sekecamatan Manggala. (Ron)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

POPULER

To Top