W3.CSS
Makassar

Kembangkan Pariwisata di Kota Makassar, Plt Kadis Pariwisata Tinjau Baruga Wisata Balang Tonjong

MAKASSAR, METROTIMUR.COM – Plt Kadis Pariwisata Kota Makassar, Mohummad Roem tinjau Baruga Wisata Balang Tonjong Kelurahan Antang Kecamatan Manggala Kota Makassar.

Roem sapaan akrbanya bersama Camat Manggala, Andi Fadli melakukan pemetaan perencanaan rehabilitasi Baruga Balang Tonjong. Roem kepada tokoh masyarakat dan tokoh pemuda yang ikut hadir dalam bincang seputar pengembangan potensi pariwisata Balang Tonjong mengatakan, bahwa Balang Tonjong dengan luas hampir 8 hektar are sebagai milik pemerintah akan kembangkan menjadi destinasi wisata.

“Yang terpenting adalah status kepemilikan lahannya dulu yang akan kita koordinasikan dengan SKPD terkait, jadi itu tahap awal yang akan kita lakukan, ” kata Roem, senin (25/10/2021).

Terkait pengembangan untuk dipatenkan menjadi salah satu tempat atau lokasi pariwisata, Roem mengungkapkan, bahwa Baruga Wisata Balang Tonjong ini adalah salah satu spot destinasi yang sangat strategis yang ada di Kota Makassar. Namun demikian semua butuh proses.

“Kita akan upayakan Balang Tonjong ini bisa diwujudkan seperti apa yang menjadi harapan khususnya warga Kecamatan Manggala. Kita tinjau hari ini sebagai bentuk respon dari pemerintah Kota tentang apa yang menjadi keinginan warga Manggala, yakin Balang Tonjong sebagai lokus pariwisata, ” ungkap Roem.

Kemudian kita berharap juga warga dan semua elemen masyarakat yang ada di Kecamatan Manggala agar bisa memberikan masukan – masukan kepada kami di Dinas Pariwisata, baik itu konsep penataan maupun pengamanan status lahan Balang Tonjong.

Sementara itu Camat Manggala, Andi Fadli menyampaikan, bahwa Baruga Balang Tonjong ini selama ini sudah menjadi salah satu kawasan yang dikenal sebagai tempat pariwisata. Pasalnya selama 29 tahun Baruga Balang Tonjong ini terus berdiri dan dijaga langsung oleh warga Kecamatan Manggala.

Baca juga :  Hari Kebudayaan Makassar, Danny: Sekolah Seharian Penuh Belajar Budaya

“29 tahun berdirinya Baruga Balang Tonjong ini sampai saat ini masih diakui oleh semua warga sebagai tempat pariwisata oleh warga Kecamatan Manggala, ” kata Andi Fadli.

Andi Fadli menceritakan saat dirinya masih menjabat sebagai Lurah Antang, Ia dan sejumlah pihak terkait pernah melakukan pengukuran batas antara milik warga dan milik Pemerintah. 

“Warga Manggala sangat berharap Balang Tonjong ini bisa dijadikan tempat wisata oleh Pemerintah. Luas lahan Yang masuk sebagai milik pemerintah dari 28 hektar luas Balang Tonjong sesuai dengan catatan pemerintah kecamatan Manggala seluas 8 hektar, ” kata Andi Fadli. (Ron).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

POPULER

To Top