W3.CSS
Makassar

Dua Periode Menjabat, Warga Kalosi: Program Muslimin Bando Tidak Becus

ENREKANG, METROTIMUR.COM – Fasilitas umum wadah bagi setiap lapisan masyarakat. Termasuk tempat ibadah seperti masjid dan halaman perkantoran. Hadist riwayat H. Muslim bahwa “kebersihan sebagian dari iman.”

Fenomena yang lain terjadi di kabupaten Enrekang, pemerintah memanfaatkan fasilitas tersebut untuk buatkan bak sampah. Sejak periode pertama H. Muslimin Bando sebagai bupati hingga periode keduanya ini menggunakan tagline Enrekang Maju Aman dan Sejahtera (EMAS).

“Kenapa ada EMAS berupa sampah?kan lucu ini pemerintah. Ku pikir orang-orang hebat disekelilingnya tapi ternyata jauh dari kenyataan” Fauzi yang akrab dipanggil Ucha berucap sambil ketawa saat dikonfirmasi via telpon, jum’at malam (12/2/2020).

Namun sampai saat ini, beberapa daerah seperti di kelurahan Kalosi, yang dulunya ada bak sampah masih dimanfaatkan oleh masyarakat untuk buang sampah. Bupati saat ini juga dikenal sebagai tokoh agama Muhammadiyah.

“Selama 2 periode masa pemerintahan bupati ini, tidak jelas programnya. Kelihatan dari programnya yang sederhana tentang sampah tapi tidak becus, katanya tokoh agama, tokoh Muhammadiyah tapi tidak mencerminkan karena tidak bisa menjaga kebersihan dilingkup Enrekang, apalagi bak sampahnya di sekitar masjid seperti di 2 masjid di sekitar Kalosi” Tutur Ucha sebagai tokoh pemuda Enrekang.

Ketua Lingkar Pelajar Mahasiswa (LPM) Kalosi Raya juga ikut andil memberikan tanggapan sebagai kaum milenial yang cinta lingkungan dan kebersihan. “Sampah yang berserakan juga dapat menimbulkan rusaknya ekosistem. Banyak penyebabnya, termasuk karena kurangnya kesadaran masyarakat tapi ini juga terjadi karena tidak adanya fasilitas yang diberikan oleh pemerintah hinggah banyak yang buang sampah ke selokan, sungai atau kebun2 warga sekitar” tanggapnya.

“Masyarakat harus sadar namun itu harus didukung oleh pemerintah” tutup Rio sebagai penegasan.

Baca juga :  Terus Bergerak, Tim DP Peduli Corona Kembali Sasar Kecamatan Manggala

Harapan masyarakat untuk selalu melihat lingkungan yang bersih yang didukung oleh pemerintah setempat. (Uck).

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

POPULER

To Top