W3.CSS
Makassar

Penimbunan Tanpa Kajian Dampak Lingkungan, Rumah Warga di Kel. Bangkala Kec.Manggala Digenangi Air

MAKASSAR, METROTIMUR.COM – Dampak dari penimbunan resapan air yang terletak di Kelurahan Bangkala Kec. Manggala yang dilakukan oleh pihak PT. Castell Persada Propertindo mengakibatkan dampak genanagan air pada wilayah permukiman disekitarnya, ahad (12/9/2021).

Hujan yang turun siang tadi, ahad (12/9/2021) meskipun tidak deras tetapi akibat adanya aktifitas penimbunan yang dilakukan oleh pihak pengembang PT. Castell Persada Propertindo yang berbatasan langsung dengan warga mengakibatkan genangan air menutupi jalan dan sebagian masuk ke dalam teras rumah warga.

Dari informasi yang dihimpun Pihak PT. Castell telah melakukan aktifitas penimbunan lahan tanpa mengantongi ijin Dampak Lingkungan dari Pemkot Makassar dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup Makassar. H. Zulfikar selaku Lurah Bangkala Kecamatan membenarkan, bahwa pihak PT.Castel benar belum mengantongi ijin Amdalnya.

“Benar, PT.Castell ini belum kantongi AMDAL (UPL-UKL) tapi sudah melakukan penimbunan,.sudah kita tegur jauh sebelumnya tapi sampai sekarang belum ada upayanya, ” kata Zulfikar.

Foto: Rapat Bersama PT. Castel Persada Propertindo bersama DLHD, DTRB, PTSP, Disperkim,.Camat Manggala, Lurah Bangkala, LPM, pada tanggal 3 September 2021.

Bahkan beberapa kali kita rapat besar dengan SKPD terkait, tapi toh sampai hari ini pihak PT. Castell belum ada sikap. Sekedar diketahui, pada rapat kedua di Kantor DLHD, pihak PT. Castell sudah berjanji akan segera melakukan perubahan siteplan dan membuat lintasan air, itu tanggal 3/9/2021 rapatnya, tapi sampai hari ini pihal PT. Castell tidak pernah ada kabar lagi, ungkap Zulfikar.

Oleh karena itu kami meminta kepada pihak PT.Castell untuk segera menindak lanjuti apa yang menjadi keputusan rapat di Kantor DLHD Makassar dan kami juga berharap kepada Dinas terkait untuk tidak mengeluarkan ijinnya sebelum AMDALnya diselesaikan, kunci Zulfikar. (ri).

Baca juga :  Dinsos Makassar Siagakan 150 Tagana Hadapi Musim Penghujan
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

POPULER

To Top